[email protected] 089 633 020 544
(pcs)

Ukiran Jepara Mendunia

Wednesday, August 6th 2014.

Kota Jepara

meubelukirjepara

meubelukirjepara

Kota jepara merupakan salah satu kawasan industri permebelan yang sangat besar dan juga banyak menghasilkan produk ukir-ukiran yang berkualitas dan bernilai kesenian tinggi. Dan ukiran tersebut merupakan kerajinan yang sangat khas dari kota jepara. Ukiran jepara bisa dikatakan sudah mendunia karena banyak sekali peminatnya baik itu dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Hingga saat ini ukir jepara telah didistribusikan secara luas ke beberapa daerah. Hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat ukiran yang berasal dari kota jepara. Banyak macam bentuk ukiran dari kota jepara tersebut seperti motif patung, motif daun, relief, kaligrafi, mebel ataupun ukiran-ukiran lainnya. Meskipun di daerah-daerah lain tentunya juga ada kawasan industri serupa dengan kota jepara yaitu ukiran tetapi untuk perkembangannya tidak sepesat dengan ukiran dari jepara. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa ukiran jepara sudah tersohor sampai ke mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan adanya permintaan dari negara-negara asing seperti Amerika. Selain itu produk ukir-ukiran jepara juga di eksport ke negara tetangga. Ukiran jepara untuk produksinya dilakukan di tempat-tempat dengan para ahli pahat atau di bidang seni ukir yang pada akhirnya nanti dapat menghasilkan sebuah kesenian yang sangat bagus. Untuk pusat kerajinan seni ukir jepara terdapat di Desa Mulyoharjo di Desa Senenan dekat Rumah Sakit Kartini. Banyak sekali bentuk dan motif ukiran jepara yang menunjukkan bahwa ukiran itu asli berasal dari kota jepara. Salah satu ciri khas yang terkandung di dalamnya adalah bentuk sorak dan motif. Salah satu contohnya bisa dilihat dari motif daun trubusan yang terdiri dari dua macam yaitu yang keluar dari tangkai relung dan yang keluar dari cabang atau ruasnya. Bisa juga dilihat dari motif jumbai atau ujung relung dimana daunnya seperti kipas yang sedang terbuka yang pada ujung daun tersebut meruncing. Dan juga ada buah tiga atau empat biji keluar dari pangkal daun. Selain itu pangkal relungnya memutar dengan gaya memanjang dan menjalar membentuk cabang-cabang kecil yang mengisi ruang atau juga untuk memperindah.
Ciri-ciri di atas sudah cukup untuk mewakili sebagai identitas ukiran jepara. Dan hal tersebut juga akan membuat hasil dari ukir-ukiran jepara menjadi sangat indah dan bernilai seni yang tinggi sehingga dapat tersohor sampai ke mancanegara.

Perkembangan Ukiran Jepara

Dari dulu hingga saat ini mebel ukir jepara yang menjadi idaman atau sangat digemari baik itu darai dalam negeri ataupun luar negeri. Hal ini tentu memberi kemudahan untuk pengenalan produk dan ada keuntungan titik awal karena sudah mulai dikenal oleh kalangan luas. Untuk di dalam kota sendiri pusat penjualan ukir-ukiran terdapat di Desa Ngabul, Tahunan. Sedangkan untuk diluar negeri dengan adanya ASEAN CHINA FREE TRADE AREA (ACFTA). Dengan adanya peluang di atas kita bisa mengembangkan ukiran jepara untuk bisa dikenal di mata dunia dan kita juga dapat mengembangkan usaha ukiran melalui peluang tersebut. Namun perlu diingat bahwa bisa juga dengan adanya peluang tersebut bisa menjadi tantangan untuk kita karena dengan adanya pasar bebas dan hukum dagang internasional, teknologi tradisional karaya jepara seperti ukiran perlu dilindungi hak patennya jika tidak maka ciri khas ukiran dari kota jepara tersebut akan di akui oleh negara lain dan kita akan kehilangan indahnya ukiran jepara di kota kita.

Kualitas Ukiran Jepara

Apa sich yang membuat ukiran jepara menjadi populer dan sangat di gemari sampai ke mancanegara ? Sebenarnya ada tiga hal mendasar atau kunci terpenting yang membuat ukiran jepara menjadi terpopuler di mancanegara yaitu inovasi (up to date), tampilan dan keterampilan (profesionalitas si pengukir).

  • Inovasi : Jika diamati motif ukir-ukiran jepara pasti selalu berubah-ubah mengikuti trend, jadi motifnya tidak monoton (tidak membosankan), dengan kata lain motif ukiran jepara selalu inovatif. Di era yang modern ini motif ukiran jepara biasanya dibuat dengan model yang simple dengan tujuan lebih menonjolkan kesan minimalis sesuai dengan kebanyakan konsep rumah masa kini.
  • Tampilan : Ini yang menjadi ciri khas dari ukiran jepara. Tampilan ukir-ukiran jepara selalu terlihat luwes dan rapi sehingga ukirannya menarik dan enak untuk dipandang (lebih bernilai).
  • Pengukir : Untuk menciptakan motif ukiran yang inovatif dan tampilan yang menarik itu tidaklah mudah. Untuk dapat mencapai hal tersebut dibutuhkan keahlian, ketelatenan dan kreatifitas yang tinggi oleh seorang pengukir.
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)